Don’t Blame Piggie, Please?

Pigglet's heart shape mark
Pigglet’s heart shape mark

Seperti yang kita sudah dengar bahwa korban swine flu di Indonesia jumlah total kasus positif flu baru H1N1 sebanyak 52 orang.  Kasus-kasus baru flu A-H1N1 terus bermunculan, antara lain di Bandung, Balikpapan, Medan, dan Bali. Sedangkan total korban tewas mencapai 440 orang di dunia.Seperti yang kita sudah tau juga, bahwa penyebaran penyakit ini berasal dari Babi di Amerika.

Tapi ternyata.. Penemuan terbaru menemukan bahwa Virus Ebola juga ditemukan di daging babi baru-baru ini. Virus Ebola adalah virus yang sangat mematikan. Seyem..

Apa itu Virus Ebola?

ebola virus
ebola virus

Virus Ebola adalah sejenis virus dari genus Ebolavirus, familia Filoviridae . Virus ini pertama kali ditemukan di Afrika, daerah selatan Sudan dan Zaire pada tahun 1976 pada tubuh seekor monyet.

Virus Ebola menyebabkan Haemorrhagic Fever yang merupakan penyakit mematikan karena menyebabkan pendarahan.  Salah satu jenis  Haermorrhagic Fever yang paling ringan adalah demam Berdarah (Dengue Fever-DF). DF merupakan bentuk paling ringan dari bentuk berikutnya yaitu Demam Berdarah Dengue atau Dengue Hemorrhagic Fever (DHF) dan Dengue Shock Syndrome (DSS).  Penyebaran DF pun melalui spesies nyamuk yang menjadi vektor perantara penyakit ini utamanya adalah Aedes aegypti dan Aedes albopictus betina.

Cara Penularan :

Modes of infection

Modes of infection

Virus bisa menyebar mulai dari alat suntik sampai kontak dengan penderita.

Berikut ini modus penularannya:

Infection, spread and target cell destruction by Ebola virus

Infection, spread and target cell destruction by Ebola virus

Stages :

(a) Ebola virus (yellow) infects subjects through contact with body fluid or secretions from an infected patient and is distributed through the circulation. Entry can occur through abrasions in the skin during patient care, burial rituals and possibly contact with infected bushmeat, or across mucosal surfaces. Accidental needle stick is the primary route of occupational exposure.

(b) Early targets of replication are reticuloendothelial cells, with high replication in several cell types within the lungs, liver and spleen.

(c) Dendritic cells, macrophages and endothelium appear to be susceptible to cytopathic effects of Ebola virus gene products in vitro and possibly in vivo through disruption of cellular signaling pathways affected by virus binding, phagocytic uptake or both. Indirect damage may also be inflicted by circulating factors such as tumor necrosis factor and nitric oxide.

Serem kan? Virus ini nyerang paru-paru, hati dan juga limpa. Sayangnya sampai sekarang belum ada vaksin virus ebola untuk manusia.

Kenapa ya, penyakit dari babi mudah sekali menular ke manusia? Hal itu disebabkan karena Babi memiliki DNA yang hampir mirip dengan manusia. Jadi mudah deh transfer penyakitnya..

Jadi kalo kita sakit salah sapa dong? salah babinya? 😛

So, dont blame pig, Ok? 😀

Take care everyone… Always be Healthy.

Ciao!

Have a sunny sunday.. 😀

Sources :
1. Kompas
2.Time
3. BBC
4. WHO
5. Carisa A Zampieri, Nancy J Sullivan & Gary J Nabel, “Immunopathology of highly virulent pathogens: insights from Ebola virus”, Nature Immunology vol.8, page 159 – 1164,2007.
6. Dokterku
7. Islamvoice

Advertisements

33 thoughts on “Don’t Blame Piggie, Please?

  1. Pingback: Don’t Blame Pork, Please? | Ravi's Health Blog

  2. Pingback: Don’t Blame Piggie, Please?

  3. kelimaxxxxxx
    ah demen deh gw kalo dapat kelimaxxx mulu ha ha ha

    kok sepertu yang kita tau bersama??
    gw kan belum tau hi hi hi

    thanks infonya santi,

    salam sinting!!!

  4. Pingback: Don't Blame Pork, Please? « Green Tea Latte | Indonesia Day

  5. Virus Ebola udah terkenal dari sy masih SD (awal tahun 90-an)… Sekarang masih ada tho?… Makanya di Agama Islam makan Babi diharamkan… Itulah salah satu penyebabnya, babi penular penyakit yang paling baik… Serem San !

  6. salam kenal…

    kok namanya flu babi yah…padahal asalnya dari meksiko sono….ini masih mending ketimbang si ebola…pepatah bilang pagi sakit sore mati….hiiiiii atuuuuttt….

  7. yang paling serem itu memang si virus ebola.
    tp sekarang ini banyak sekali macam2 virus… serem ah.. mudah2an kita semua sehat2 aja… kalo sakit ya yg normal2 ajalah, kalo ga ingusan ya diare… gt2 ajalah 😀

  8. halo..halo..
    udah lama nih ga mampir ksini,,hehe..

    yap! betul. babi dan sapi tuh DNA nya ga jauh beda sama manusia. itu yang ngejelasin kenapa penyakit2 di hwan itu mudah nyebar di manusia.

    hmm. sebenenrnya pencegahan paling tepat dari swine flu ini gmn sih?

  9. sebenernya kasian juga ya si babi, dia ga tau apa-apa, ok disalahin terus.. kalo aja di antara ada babi yang punya cita-cita tinggi, jadi dokter.. dia pasti bisa ngobatin bangsanya biar ga nyebarin virus ke manusia..

  10. Wkekekek, bener2…
    Yang salah mah bukan babi’x…
    Tapi virus’x dan…
    Ah…nggak usah gue lanjutin deh, ntar malah kontroversi lagi, wkekekke…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s