Pecahan 2000 rupiah

Uang pecahan 2000 rupiah baru

Uang pecahan 2000 rupiah baru

Hooraaaayy.. ada uang pecahan 2000 rupiah! Kalau mau beli cendol ga usah pake seribuan lagi nih.. cukup selembar 2000-an. Menguntungkan ga sih uang baru ini?

Mau?

Berikut laporan resmi dari HUMAS Bank Indonesia :
Pejabat sementara (Pjs.) Gubernur Bank Indonesia, Miranda S. Goeltom, didampingi Deputi Gubernur Bank Indonesia bidang pengedaran uang, S. Budi Rochadi, Gubernur Kalimantan Selatan, Rudy Ariffin, dan Gubernur Kalimantan Tengah, Agustin Teras Narang, secara resmi meluncurkan uang kertas baru pecahan Rp2.000 tahun emisi 2009 sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia, pada Kamis, 9 Juli 2009, di Banjarmasin.
“Penerbitan uang kertas emisi baru tersebut merupakan implementasi kebijakan Bank Indonesia di bidang pengedaran uang yaitu untuk memenuhi kebutuhan uang rupiah di masyarakat dalam jumlah nominal yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, tepat waktu dan dalam kondisi yang layak edar”, demikian Pjs. Gubernur Bank Indonesia, Miranda S. Goeltom, dalam sambutannya.
Uang pecahan baru tersebut bergambar Pangeran Antasari (Pahlawan Nasional asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan) dengan gambar bagian belakang Tarian Adat Dayak.Uang tersebut akan berlaku sebagai alat pembayaran yang sah mulai tanggal 10 Juli 2009. Pemilihan gambar pada uang tersebut mengacu kepada desain uang kertas sebelumnya yang bertemakan Pahlawan Nasional. Hal ini sebagai bentuk apresiasi kepada para pahlawan dan untuk turut serta melestarikan budaya bangsa.
dominan abu- abu

dominan abu- abu

Uang kertas baru pecahan Rp2.000 berwarna dominan abu-abu dengan unsur pengaman berupa tanda air bergambar Pangeran Antasari dengan benang pengaman yang tertanam di kertas uang dan bertuliskan BI2000 berulang-ulang yang akan memendar merah di bawah sinar ultraviolet.
Uang kertas pecahan baru ini juga mengakomodasi kebutuhan para tuna netra dengan menyediakan kode tertentu (blind code) di samping kanan bagian muka uang yaitu berupa kotak persegi panjang yang dicetak secara intaglio.
Selain itu, seperti pada saat mengeluarkan uang kertas baru pecahan Rp100.000 dan Rp20.000 tahun emisi 2004, serta Rp50.000 dan Rp10.000 tahun emisi 2005, Bank Indonesia juga mengeluarkan Uncut Banknotes Rp2.000 (uang khusus yang belum dipotong/uang bersambung) sebanyak 4.700 lembaran dengan jenis uang bersambung masing-masing berisi 2 bilyet, 4 bilyet dan 50 bilyet. Sebagai benda koleksi, Uncut Banknotes ini lazim dikeluarkan di berbagai negara sebagai penerbitan uang khusus.
BIRO HUBUNGAN MASYARAKAT (Didy Laksmono R).
Dah punya belom?

Go grab it! 🙂

Advertisements

31 thoughts on “Pecahan 2000 rupiah

  1. hohoho baguuuusss…

    tapi mudah2an kalo kita belanja sesuatu dan kembalian 1000-an, jangan2 malahan di kasi permen or malahan tissue lagih?!

  2. Waya baru tau, akan ada uang lembaran 200 rupiah, ya jadi semua adil dech, ada 200, ada 20.000, nah sekarang akan ada 2000. jadi pas, apa nanti akan ada 200.000 kali ya,
    tapi kalo uang 2000 ini memang penting untuk dimunculkan saya ikut mendukung dech, kalo memang benar2 akan bermanfaat!
    Stop
    Dreaming Start Action

  3. kalo depannya gambar Dewi Sartika berarti belakangnya gambar tari jaipong ya… ato kalo gak gambar joget tarlingan y? 😀

  4. wah, turut berduka cita dengan semakin besarnya pecahan rupiah, itu artinya semakin menurunnya perekonomian kita. kasian d loe…….

  5. gw sih dah ad Rp2.000,-an wkwkwk.., warnanya sih nga begitu menawan abu2 jadi kayak uang fotocopy an ,,kenapa nga keluarin warna yg terangan dikit ,, kayak Rp1.000,- Rp 5.000,-,, bagian depan pecahan Rp2.000 pangeran antasari bagian belakangnya tarian adat dayak,tanda utuk tunanetra kotak di bagian depan sebelah kiri pass di bawah lambang BI,panjang lebarnya sama kayak Rp 1.000,-an

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s