Wabah Swine Flu Level 6

Kemarin saya datang kembali ke Malaysia setelah hedon di Jakarta, Bandung dan Bogor selama 1 minggu. Saatnya kembali ke dusun Tronoh, sodara-sodara..

Sebelum saya ke imigrasi dan ngambil bagasi di KLIA, saya sempet clingak clinguk nyariin tempat petugas kesehatan yang menangani Swine Flu. Sewaktu saya mendarat di Soekarno Hatta, Jakarta, saya cuman ngliat petugasnya duduk aja di belakang komputer, padahal kata temen saya yang pulang dari Surabaya, badan kita disemprotin cairan khusus dulu sebelum keluar. Berharap di KLIA menemukan jawaban.. ternyata ga diapa-apain juga! Jadi penasaran bagaimana mereka tau kita sakit atau ngga..

WHO Director-General Margaret Chan speaks during a press conference at WHO headquarters in Geneva, Switzerland, 11 Jun 2009

WHO Director-General Margaret Chan speaks during a press conference at WHO headquarters in Geneva, Switzerland, 11 Jun 2009

Di hari yang sama, Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, telah menyatakan swine flu telah mewabah setelah wabah flu terakhir terjadi pada tahun 1968 atau 41 tahun yang lalu. Korban swine flu atau A H1N1 telah mengalami peningkatan diantaranya di USA, Eropa, Australia, dsb. WHO juga meningkatkan taraf kecemasan dari level 5 ke 6 (level tertinggi). Lalu bagaimana dengan Swine Flu di Indonesia dan Malaysia ya?

Swine Flu atau H1N1 Influenza ternyata bukan Flu Biasa. Karena Flu in bs ditularkan ke orang yang sehat pun. Penyebaran virus ini juga udah mewabah tidak hanya di Eropa atau Amerika, tapi juga di Asia. Sebanyak 28, 774 korban ditemukan di 74 negara, termasuk 144 orang yang meninggal (data LAB WHO terakhir). Dan sebetulnya di luar sana masih banyak korban yang tidak terdeteksi. Nah lo..

Seperti kita tahu bahwa di Malaysia sudah ditemukan sekitar 14 korban yang positif kena penyakit ini. Tapi Alhamdulillah belum ada korban di Indonesia yang ditemukan hingga saat ini. Namun demikian, peningkatan status penyakit menjadi suatu wabah cukup bikin cemas se antero jagat raya. Cepat atau lambat, kalau kita tidak mempersiapkan diri, wabah ini bs menyerang Indonesia tercinta, tanah air beta ini ya..

Salah satu cara yang sudah diterapkan banyak negara adalah dengan penggunaan Thermal Detector di setiap airport. Di tempat ini lah, kita bisa menyaring pengunjung dari negara yang dicurigai membawa penyakit. Jadi paling ngga, satu jalan penyebaran sudah di tutup..

Apa sih Thermal Detector itu? Sesuai namanya, alat ini mendeteksi suatu benda berdasarkan perbedaan panasnya. Salah satu ciri Swine Flu adalah panas tinggi sekitar 30 degree C. Jadi alat ini cukup handal untuk diandalkan.. Alatnya pun simple, terdiri dari kamera khusus dan komputer. Dari alat ini nanti akan terlihat kalau benda yang punya panas lebih tinggi akan keliatan lebih terang. Salah satu contoh hasil tangkapan gambar di Soekarno Hatta Airport, Jakarta yang diambil oleh wartawan Time.com, Bay Ismoyo.

Green colour indicates hotter spot

Green colour indicates hotter spot

Nah dari data ini, petugas bs langsung menginvestigasi lebih lanjut ke korban yang dicurigai. Jadi ga perlu deh merikasain penumpang satu-satu dikasi thermometer sebelum keluar bandara.. hehe

Mau tau cara kerjanya kamera ini lebih lanjut? coba deh liat video berikut.. kali aja ada yang mau bisnis kamera untuk thermal detector. Alat ini kan tidak hanya untuk Swine Flu saja.. tapi bs diaplikasikan untuk macam-macam. Berminat?

Jaga kesehatan ya smuanyaa..

Have a lovely sunday! 🙂

Sources :

Time

VOA News

World news

Fox News

Advertisements

21 thoughts on “Wabah Swine Flu Level 6

  1. hey,shanty,,first visit nih kesini.. 🙂
    salam kenal ya..

    hmm..iya tuh. virus A H1N1 emang perlu diwaspadai sekarang. Sepertinya makin lama makin berkembang aja tuh penyakit. Keep do the healthy life!

  2. Pingback: Wabah Swine Flu Level 6

  3. Waah ada–ada saja nama penyakit!! ada flu burung (itik balis) ada flu babi (gajah pesing) tapi tenang neng enggak ada flu Hamster kook!! jadi kalo kerumah aku enggak bakal kena penyakit hehe
    untuk gajah pesing sama itik balis maaf yaa??hehe

  4. @ hamster : hoho.. nanti dituntut pencemaran nama baik pake UU ITE lohh

    @ postingan di atas : emangbeneran di Soekarno Hatta udah ada gituan?

  5. kalo buat perempuan jalan keluarnya mudah,..pake burdah kalo jalan-jalan.

    kalo laki-laki jadi kayak biang yang nularin virus setan ini (swine) ,..soalnya pake masker kan ? hahahaha,….hancur minah !!!

  6. Flu, dulu dianggap hanya penyakit ringan. Tapi ketika berbagai visus flu yang mematikan ditemukan, nama influenza ini langsung ngetop mengalahkan penyakit mematikan lainnya seperti aids, kanker dan lainnya.
    Oya, ada kontes SEO bertuah. Ikutan donk.. Hadiahnya gede lho

  7. Ah biarin lah si hamster binatang percobaan itu menyebar pitnah..
    hamster mencicit itik manis berlalu
    wekekkee..

    wah mba bahaya wabah flu babi ini udah sampe ke bali lho..
    ngeri !!

  8. Mudah2an tuh virus ga nyampe ke Asia Tenggara…
    Seandainya nyampe jg moga bisa diatasi dgn cepat dan tepat.. tdk jatuh korban kalo bisa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s