Gunung Api Raksasa ?!

Ditemukan Gunung Api Raksasa Bawah Laut Sumatera

JAKARTA, KOMPAS.com — Tim yang terdiri dari gabungan para pakar geologi Indonesia, AS, dan Perancis berhasil menemukan gunung api raksasa di bawah perairan barat Sumatera. Gunung api tersebut berdiameter 50 km dan tinggi 4.600 meter dan berada 330 km arah barat Kota Bengkulu.

Para ahli geologi ini berasal dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI), Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, CGGVeritas dan IPG (Institut de Physique du Globe) Paris. “Gunung api ini sangat besar dan tinggi. Di daratan Indonesia, tak ada gunung setinggi ini kecuali Gunung Jayawijaya di Papua,” kata Direktur Pusat Teknologi Inventarisasi Sumber Daya Alam BPPT Yusuf Surachman kepada wartawan di Jakarta, Kamis (28/5).

Gunung api bawah laut berada di Palung Sunda di barat daya Sumatera, 330 km dari Bengkulu, di kedalaman 5,9 km dengan puncak berada di kedalaman 1.280 meter dari permukaan laut. Meskipun gunung ini diketahui memiliki kaldera yang menandainya sebagai gunung api, para pakar mengaku belum mengetahui tingkat keaktifan gunung api bawah laut ini.

“Bagaimanapun gunung api bawah laut sangat berbahaya jika meletus,” katanya. Survei yang menggunakan kapal seismik Geowave Champion canggih milik CGGVeritas itu adalah yang pertama di dunia karena menggunakan streamer terpanjang, 15 km, dari yang pernah dilakukan oleh kapal survei seismik.

Tujuan dari survei ini adalah untuk mengetahui struktur geologi dalam (penetrasi sampai 50 km) yang meliputi Palung Sunda, prisma akresi, tinggian busur luar (outer arc high), dan cekungan busur muka (fore arc basin) perairan Sumatera.

Sejak gempa dan tsunami akhir 2004 dan gempa-gempa besar susulan lainnya, terjadi banyak perubahan struktur di kawasan perairan Sumatera yang menarik minat banyak peneliti asing.

Tim ahli dari Indonesia, AS, dan Perancis kemudian bekerja sama memetakan struktur geologi dalam untuk memahami secara lebih baik sumber dan mekanisme gempa pemicu tsunami menggunakan citra seismik dalam (deep seismic image).

(Kompas)

Penjelasan singkat ada disini :
*Seamount, Si Gunung Raksasa dibawah laut (1. Proses Terbentuknya)
*<http://rovicky.wordpress.com/2009/05/30/seamount-si-gunung-raksasa-dibawah-laut-1-proses-terbentuknya/>
*Gunung api di tengah laut di dekat Bengkulu, Sumatra. Seamount ?*
<http://rovicky.wordpress.com/2009/05/29/gunung-api-di-tengah-laut-di-dekat-bengkulu-sumatra-seamount/>

Advertisements

52 thoughts on “Gunung Api Raksasa ?!

  1. okay sama2…

    kita bisa saling share lewat comment, hehe

    uiya… kalau g salah gunung yg di bawah laut, ada dua deh..

    benar gak yah..??
    cz kemarin sekilas liat di berita

  2. sayah inget, pas sd-sma, kita cuma diajarin kalo kita bole bangga karena tanah indo yang subur karena banyaknya mineral2 dari gunung berapi, tapi ga pernah disinggung2 kalo kita punya banyak gunung berapi yang aktip beserta resiko bencana alamnya…
    puff…

    ps. btw, sayah bukan pembimbing thesis. sayah cuma s1, bu…..

  3. Mungkin itu pemicu terjadinya gempa tsunami,, yaa moga saja dengan ditemukan gunung itu bisa mengurangi angka kematian bila ada gempa tsunami lagi..
    Agar kejadian yang lalu tidak terulang lagi!! Amiin

  4. nice info mas…

    baru tau nih…
    ternyata ada lagi yah gunung yg terbesar ck…ck…ck..

    bahaya banget tuh klo meletus…
    mudah2an para ilmuan bisa memetakan n menjelaskan secara detail tentang penemuannya itu yah…

    tak tunggu kabar selanjutnya ya mas…
    lam kenal juga mas 😀

  5. astaqfirloh..
    9unun9 api raksasa..??
    lebih bahaya neeh…yan9 diluar ajah klu mletus bahaya apala9i yan9 didlm laut..
    ya allah….

    makasi da sin99ah ya.. 🙂

  6. iya..berita ini lg heboh..palagi di kalangan scientist.. kalo ga salah gunng berapi bawah laut juga ditemukan di Banua Wuhu Sulut. walaupun bukan scientist tp ini menarik banget.. katanya dari gunung itu keluar gelembung2 udara dan suhu air laut disekitarnya panas bgt… hmm..subhanallah..

  7. di bagian selatan sumatra, ya?
    huff… bakal kena sumatra bagian tengah jg ga ya?
    kampung halamanku… hix… 😦
    btw, salam kenal jg ya. 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s