Kopi Pait

Pagi ini saya minum kopi gratisan dari Nescafe’s booth dadakan yang ada di kampus. Biasanya saya ga pernah minum kopi.. Karena Maag saya bisa kambuh dan bisa (maap) kentut-kentut sepanjang hari. Hal ini sangat mengganggu karena ganggu konsentrasi terutama kalo lagi sholat..

Pernah suatu hari saya lagi diantar pulang sama temen saya (cowok) ke rumah. Sebelumnya saya abis makan pedes jadinya perutnya kembung karena Maag. Di perjalanan kami ketawa ketiwi.. sampe akhirnya ada bunyi BROOTTT!! Saya kaget, dia pun apalagi, kaget banget pastinya. Mungkin dalam hatinya berkata, busyet nih cewek parah banget..Β  Akhirnya saya bertekad ga mau makan pedes lagi dan minum kopi yang merupakan penyebab utama saya sakit Maag. Selain karena bikin pastur (pasaran turun) pastinya. Jaim mah kudu dijunjung, bukan begitu? πŸ˜› Tapi kalo ga bandel bukan Santi namanya.. Hari ini saya nemu mobil Nescafe dadakan di kampus. Kebetulan saya lagi aus.. saya datangi si Pakcik-pakcik yang ada disitu. Bandelnya kumat.

Saya : Ada krimernya tak encik? (at least ga begitu strong tu kopi jadi boleh laahhh.. kekekekeke)

Pakcik : Ada.. (trus saya dikasi satu gelas kecil nescafe + krimer)

Warung Nescafe

Warung Nescafe

Nah, saat saya minum kopi saya liat-liat kesekeliling mobil, kebersihannya sampe akhirnya saya melihat tulisan “ANTIOXIDANTS” di mobilnya. Kata Pakciknya, penemuan terbaru menemukan bahwa kopi mengandung anti oksidan. Nah saya kan jadi bingung, sepanjang yang saya tau, kopi ini ga bagus untuk nenek saya karena jadi deg-degan mulu, kopi juga ga bagus untuk kakak saya karena bikin Maag kumat tapi kopi bagus untuk mantan guru les privat saya waktu SMA, karena kalo ga minum kopi ga bs ngajar katanya.. hayaaaahh..

Ternyata nih..

Kandungan antioksidan pada kopi jauh lebih banyak dari teh atau coklat.Β  Dari bukunya Dr. Jonny Bowden yang judulnya “The 150 Healthiest Food on Earth lists“, kopi termasuk dalam top 150 foods. Anti oksidan penting karena untuk melindungi tubuh dari radikal bebas alias mencegah kanker.

…a study in the Journal of Agriculture and Food Chemistry in 2001 found that coffee has significantly more total antioxidant activity than either cocoa, green tea, black tea, or herbal tea.

Apa sih yang bikin kopi kaya akan antioksidan?

Menurut Dr Bowden, kopi mengandung Chorogenic acid dan caffeid acid yang mana keduanya merupakan antioksidan tinggi. Pusat penelitian kopi menemukan bahwa di setiap 200ml kopi arabica terdapat 70 – 200 mg chorogenic acid. Tuh banyak kan..

Penelitian yang lain juga menemukan kalau kopi juga bisa menambah kesuburan dan menyembuhkan diabetes. Tapi jangan seneng dulu, karena kopi juga dikenal ga bagus untuk hati, meningkatkan tekanan darah, bikin ga bisa tidur, dan mengeluarkan gas beracun saat diolah. Berat nih..

Coffee Lover

Kalo kopinya kayak gini mah ga jadi darah tinggi dechh..

hmm.. Kesimpulannya apa ya? Kopi apa yang kamu suka? torabika atau kapal api? atau Nescafe?

Oiya, kalo wine kan semakin tua masa fermentasinya smakin enak dan mahal, kalo kopi gt juga ga ya?

Sources :

http://www.buydominica.com/remedies/2009/04/coffee-antioxidant-benefits/

http://www.physorg.com/news6067.html

http://coffeehero.com/2009/05/coffee-is-loaded-with-antioxidants/

39 thoughts on “Kopi Pait

  1. info menarik sis.Saya udah lama meninggalkan kopi.masalahnya saya tidak pernah tidur pulas kalau minum kopi.beralih ke teh sekarang saya.

  2. Mba Aisha : iya.. aku juga pindah hati ke teh. teh ijo ya?

    Rangga: tergantung penggunaannya donk.. yang berlebihan kan ga baik..

    Pakwo : wkakaakaka.. parah nih.. bikin heboh 1 perguruan.

    Quinie : waduh.. kita sama nih..

    edylaw : waaa.. penemuan baru ini! kopi bikin sakit gigi.. baru tau..

  3. kalo kopi makin lama makin bau apekk…. mungkin lhoooo….. aku suka kopi original bikinan nenekku… di goreng sendiri kopina terus di tumbukk…. cara minumnya di kasih jahe wuihhh mantab

  4. Hehe ada–ada saja neng ini,,kalo gitu ceritanya reputasi jadi menurun dan sulit banget menggaet cowok–cowok cakep!! walah–walah kentut kok sembarangan kudhu mesti dikonfirmasi kepemerintah niih..
    Aku:: pk pemerintah,,kalo merokok sembarangan itu dilarang dan pemerintah telah menganjurkan untuk merokok ditempat khusus yang telah disediakan seperti diterminal,,bandara de–el–el.. kalo kentut ada enggak pak kalo enggak ada tolong donk ditanggapin biar enggak mengganggu yang lainnya
    Pk pemerintah:: Walah tampaknya enggak ada tuuh,,yaa aku akan mencoba deeh untuk dibuatkan tempat khusus kentut agar di bandara ataupun terminal biar enggak ganggu yang lain,,maaf–maaf aja niih yaa tampaknya tempat tuuh khusus kentut aku campurin sama tempat merokok..biar kapok yang merokok!! naah kan lho πŸ™‚

    Yaa info tentang antioksidannya bagus banget selain lengkap juga mudah dipahami dan tampak berguna banget bagi kita semua,,aku harus mengamalkannya tuuh neng!! oia salam kenal yaa,,kapan–kapan mampir yaa??

  5. sy pernah dibeliin kopi oleh sdra sy wktu pulang dr itali, tuh kopi harus di masak dlu,,,..selain rasanya nikmat aromanya mmmmm…..enyak-enyak-enyak.

    eh mbak yg bunyi BROOTTT!! itu kentut? waduh…wkwkwkw…

  6. kopi telah mendarah daging dalam hidupku
    good day juga enak sis
    cobalah yang choccocino
    tapi sekarang lagi nyari racikan kopi karena sedang mau bikin coffee shop
    doakan yeee

  7. ass.
    beberapa tahun ke belakang sy juga merasakan setelah minum kopi maag langsung kambuh (tapi ga smapai BROOOT!!..he..he), tapi karena makan teratur maag perlahan hilang, lalu sekarang ini aktif minum kopi, tapi bukan kopi hitam. sy suka yg kopi tmbh creamer. Kopi yg tmbh creamer tidak terlalu bikin susah tidur, tp kopi hitam memang bikin mata melek terus.
    ngopi ah..
    mari
    wassalam

  8. Assalamualaikum…
    wina gak bisa nimum kopi mbak. apapun merknya tetep bikin jantung berdebar kepala pusing perut kembung plus gemeteran dan pengen pingsan. tuh parah kan, makanya wina gak minum kopi. mending teh manis hangat plus perasan lemon huiiiwww enakkkk….

    btw, malam ini kita adain barteran link mbak hehehhe

  9. Minuman kopi asyik diminum saat mata mahu mengantuk. Apa yang ditulis di atas….juga menjadi nastogia semasa minum kopi. Sekarang tidak minum lagi kerana ada minuman lain yang sudah menjadi kegemaran.

  10. kentut ya? tuuttt…tuuuttt… πŸ˜†
    yup kopi memang memberikan dampak positif bagi tubuh, ngilangin kantuk, menyegarkan badan, JIKA dikonsumsi secara benar, setau gw, normalnya 3 sehari, lebih dari itu ga bagus lagi :mrgreen:

  11. bisa ya abis minum kopi diare ?? hmm, saya biasa aja tuh :p *tapi emang lebih baik minum ini kalo lagi mampet, hehehehe*

    anyway, thank you udah mampir ke tempat Fenty πŸ˜€

  12. kopi…waaa..ngga deh.. jantung saya rasanya mo meledak klo minum kopi..trus limbung..pokoknya antara idup ma mati deh..beneran… (heheh..berlebihan kalee..) tapi bener kok saya ga kuat minum kopi..padahal klo liat temen minum kopi, dari wanginya bikin ngiler…

  13. salam kenal shanty,saya juga baru tahu kalau kopi ada antioxidan nya, kalau saya minum kopi atau nggak,tetap aja nggak ngaruh,tidur tetap nyenyak+nggak deg deg an+maag juga nggak kumat, tapi kalo kentut sih, minum kopi atau nggak ya…tetep aja…………..salam.

  14. Well.. nice info san.. emang tuh dr dulu katany kopi ada positifnya, ada negatifnya. Intinya sih, segala yg berlebihan gak baik. Halah, sok iye bener gueeee,,, Heheh..

  15. mice share!
    ngga begitu ngarti sich tentang kopi karena sebatas sebagai penikmat saja. tetapi bener, saya ngga tahan ama kopi kalau belom makan dulu karena asamnya itu.

Leave a Reply

