Dasar Racun!

Awalnya saya nyari literature untuk bahan research saya. Tapi semakin dalam saya mencari.. saya semakin menyadari betapa berbahayanya bahan kimia yang saya pakai selama lebih dari 1,5 tahun ini dan mungkin boleh jadi selama hidup saya.. Gawat!Tersangka itu namanya Flame Retardant Coating atau Lapisan Tahan Api. Lapisan ini bertujuan untuk mengurangi kemampuan material untuk terbakar sehingga manusia bs terlindungi dari bencana kebakaran. Penggunaan coating ini udah dari jaman dulu kala, sekitar awal tahun 1900 sudah ditemukan dan terus dikembangkan hingga saat ini..

Emang sih, lapisan ini bermanfaat banget.. Misalnya nih, tiba-tiba ada kebakaran hebat di kantor. Ga usah khawatir gedungnya roboh, karena mayoritas gedung di dunia udah dilapisi dengan cat ini. Baju-baju yang kita pakai, henpon,ย  kursi sofa sampe baju piyama pun udah dikasi lapisan ini. Maksudnya sih baik, supaya kulit kita ga langsung kena api karena baju kita udah terlindungi paling ngga untuk 1 jam..

Tapi tau ngga sih?

Lapisan tahan api mengandung bahan berbahaya Polybrominated diphenyl ether (PBDE). Bahan inilah yang bertanggung jawab terhadap penetrasi api di peralatan-peralatan yang kita pake sekaligus kesehatan kita.

Tersangka

Polybrominated diphenyl ether

Penelitian di USA menunjukkan bahwa bahan kimia ini akan berakumulasi di lingkungan dan di dalam tubuh manusia. Laporan terakhir pada tahun 2004, Eropa sudah melarang penggunaan bahan kimia ini. Tapi yah tetep aja.. masih dipake juga.. karena apa? karena MURAH! kualitas bagus, harga murah.. itulah alasan kenapa si doi masih dipake sampe sekarang.. Terutama di Australia dan Amerika. Malahan pihak Amerika bilang kalo mereka baru akan menyetop penggunaan bahan ini sampe ada korban jiwa sebagai bukti.. padahal, bahan ini berakumulasi untuk waktu yang lama dan baru keliatan penyakitnya sekitar 20-40 tahun. Busyeet..

Penggunaan bahan ini dapat menyebabkan mandul, kanker, gangguan tiroid, keguguran, dsb, meskipun dalam kadar yang sangat rendah! hiii… serem amat..

sel darah merah

sel darah merah

Dan udah bs ditebak, kalo korban paling banyak adalah anak-anak. Di Australia, air susu ibu mengandung bahan kimia ini lima kali lebih banyak dari ibu-ibu di Eropa. Anak-anak usia dibawah 4 tahun memegang rekor terbanyak yang mengandung bahan kimia ini dalam sel darah mereka, karea sel ketahanan tubuh anak-anak yang masih terus berkembang.

Serem kan? Makanya.. kita kudu lebih care sama lingkungan terutaman sama diri kita sendiri. Di Indonesia, sudah ada peraturan tentang pelarangan penggunaan beberapa bahan kimia berbahaya seperti lead dan merkuri. Tapi kan ga semua perusahaan menerapkan ini.

Jadi gimana donk?

1. Pastikan semua peralatan elektronik, pakaian, peralatan makan, sofa kursi, dsb dibuat dari bahan yang aman dan diproduksi dari perusahaan bonafide. Jangan karena murah trus langsung beli.. inga.. inga.. kesehatan kita jadi taruhannya.

2. Kalo udah terlanjur beli gimana? dijual lagi aja bs ga? hehehehe.. atau diteliti aja! ntar bikin tulisan.. ๐Ÿ˜€

3. Banyak makan n minum yang mengandung vitamin C dan anti oksidan, contohnya green tea, jeruk, apple, dsb.

Kalo yang mau baca lebih lanjut bisa dibaca di artikel dibawah ini yaw..

Have a fruity sunday everyone!

Advertisements

21 thoughts on “Dasar Racun!

  1. Lha … jika hal bermanfaat ini disosialisasikan ee di kaskus atau forum akan ada yang memunculkann sebagai Hoax… semoga kali ini tidak. Aku izin pemuatannya di kaskus kami Za Mbaak ?

  2. salam kenal.. lagi blog walking neh ๐Ÿ™‚
    bahaya juga yah.. tapi barang2 dari yg produsen bonafit udah 100% free dari bahan kimia ini??

    untung rajin minum jus.. jus jambu, jus jeruk, jus apel dan jus kidding ๐Ÿ˜†

  3. Nah kalau mau aman tahan api dan tahan panas tanpa harus terkena dampak buruk bahan berkimia, mending bawa termos besar yg di isi es batu penuh hehehe…:D

    salam kenal

  4. Dinoe : Makasi dah mampir yaw.. salam persahabatan juga..

    Edward : yang jelas kalo bonafid dah pasti sesuai standard dong.. ada ISO nya..

    Edylaw : gyahahaha.. boljug juga idenya.. ๐Ÿ˜€

    Genial : iya nih,, demi masa depan keluarga.. cieeh

    Samban : hehehe.. eniwei, blognya aneh.. ga bs komen euy..

    Easy : Hola mba! makasi dah berkunjung.. ๐Ÿ™‚

  5. hhmm..trus bisa terakumulasi di dalam tubuh manusianya lewat apa ? terhisap atau gmn ( maklum euy agak lemot ni…hihi..)

    sulit ya menghindari ini..jadi yang penting kita harus jaga tubuh, salah satunya mengkonsumsi vitamin C itu dalam jumlah yg sesuai..gitu kali yaa..

    • iya ceu.. begicu..

      prinsipnya sama kayak kandungan merkuri di ikan salmon gt sih.. jadi si racun ini terakumulasi di udara, air, tanah.. trus ke dihirup, dimakan, dsb..

      dah minum vit c blum hr ini?

  6. san, stau sayah, untuk baju2 yang dibuat di indo dan dijual di indo, jarang yang pake finisihing ini, semurah2nya PBDE ini, masih lebih murah lagih kalo ga pake ini kan?

    biasanya, finishing ini dipakai untuk barang2 yang akan diekspor karena sebelum diekspor, mereka harus lulus test yang telah ditentukan oleh buyer destination itu sendiri.

    untuk indo, hm… standarnya masih refer ke european std or USA std, tapi kadang2 suka ga jelas juga sih… jadi kadang sayah bingung sendiri…

    hm.. postingannya inspired… mau posting tentang ini juga aahhhh

    • mungkin juga sih.. secara di ina smkn murah smkn bagus. Masalahnya kan kita ga tau tuh baju buatan mana.. udah gitu ya, ini bahan ga cuman dipake di baju looh.. tapi juga peralatan elektronik : hape, laptop, etc trus furniture, sofa, etc..

      tapi tenang aja, skrg ini sudah banyak perusahaan dengan bahan non-PBDE..

      ayo postiiinng.. ๐Ÿ˜€

  7. Hai…salam kenal yah…
    Wah nice info nih,berguna bgt.Makanya harusnya kita harus menjaga kesehatan,jangan mentang2 murah trs dipake kan bahaya,buat kita dan mungkin juga buat orang lain.
    Salam persahabatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s