Hari Ibu mah bulan Desember, neng..

Tahun lalu, saya baru tahu kalo ada hari ibu lain di bulan Mei. Langsung aja saya telvon ibu dan bilang Happy Mother’s day Mama!  dan komentarnya cuman : skrg bulan desember ya?! , weks.. ternyata, komentar yang sama datang dari orang-orang rumah saat mengucapkan selamat hari Ibu kepada ibu saya di Jakarta. Ga ada yang salah sih.. Secara di Malaysia hari Ibu dirayakan setiap minggu ke-2 bulan Mei sedangkan di Indonesia dah pasti tanggal 22 Desember. Trus untuk ibu teladan kira-kira bulan Mei atau bulan Desember yaaaa..

Jadi ternyata, tradisi Mother’s day ini dah dimulai sejak jaman Yunani kuno yang tujuannya untuk menghormati Dewi Rhea, The Mother of The Gods. Kemudian bagi orang Christian, Mother’s day dilakukan setiap minggu ke-4 untuk menghormati Mary, Mother of Christ.  Nah.. dari sini mulai deh, Hari Ibu tidak hanya untuk orang Yunani atau Kristen, tapi mencakup semua ibu.

Bener-bener orang yunani.. she's pretty!

Bener-bener orang yunani.. she's pretty!

Berikut adalah alasan kenapa mayoritas hari Ibu atau Mother’s day dirayakan bulan Mei bukan bulan April atau jadi bulanan-bulanan.. *hayah*

  • Peringatan Mother’s Day jatuh pada hari Minggu kedua bulan Mei karena pada tanggal itu pada tahun 1872 aktivis sosial Julia Ward mencanangkan Hari Ibu demi kedamaian.
  • Pada tahun 1914, Presiden Woodrow Wilson mengesahkan hari minggu ke-2 di Bulan Mei sebagai hari libur nasional untuk menghormati Ibu.
  • Negara yang merayakan diantaranya Amerika Serikat, Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hongkong.

Sedangkan di Indonesia, hari ibu di laksakan tanggal 22 Desember karena :

  • Sejarah Hari Ibu diawali dari bertemunya para pejuang wanita abad 19 seperti M Christina Tiahahu, Cut Nyak Dien, Cut Mutiah, R.A Kartini, Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Achmad Dahlan, Rangkayo Rasuna Said, dengan mengadakan Konggres Perempuan Indonesia I pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta di gedung yang kemudian dikenal sebagai Mandalabhakti Wanitatama di Jalan Adisucipto.
  • Penetapan tanggal 22 Desember sebagai perayaan Hari Ibu diputuskan dalam Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1938 dan diresmikan oleh Presiden Soekarno melalui Dekrit Presiden No. 316 Tahun 1959.
  • Negara yang merayakan : INDONESIA.

Senangnya jadi seorang ibu.. di hari itu dia akan dibebaskan dari semua tanggung jawabnya seperti masak nasi, nyuci piring, etc. Ditambah dengan hadiah yang diberikan oleh keluarganya..

kalau makanan, ibuku suka salad dan sejenisnya jadi kira-kira aku mau ngasi ini ah..

she'll definitely like it!

she'll definitely like it!

Sources :

Wikipedia

Mothers day History

Have a good day everyone!

Ciao..

Advertisements

6 thoughts on “Hari Ibu mah bulan Desember, neng..

  1. kalo gw lebih memilih desember, selain karena gw orang lokal, Desember itu adalah bulan terakhir dalam masa tahunan. dimana kita bisa memberikan sesuatu sebagai ucapan terakhir selama setahun tersebut. begitu juga dengan tahun2 berikutnya ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s